RPP PAK SMA/SMK Kelas XII Semester 2

Silahkan Download:
Format Word
Format Pdf


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata pelajaran                                :        Pendidikan Agama Kristen
Satuan Pendidikan                         :        SMK Negeri 1 Pahae Julu
Kelas/Semester                               :        XII/2
Tahun Pelajaran                              :        2010-2011

Standar Kompetensi
Bertanggung jawab sebagai orang Kristen dalam perannya sebagai warga Gereja dalam mewujudkan nilai-nilai demokrasi dan HAM, khususnya dalam tindakan sebagai pembawa kabar dan damai sejahtera.

Kompetensi Dasar
Bersikap kritis terhadap nilai-nilai demokratis dan HAM dalam hidupnya

Indicator
Menjelaskan system demokrasi yang umum berlaku

Nilai Karakter Bangsa
Religious, toleransi, demokratis, semangat kebersamaan, cinta tanah air, bersahabat,/komunikatif, cinta damai, peduli social.

Alokasi Waktu
8 x 40 menit (4 Pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
Ø  Menjelaskan pengertian demokrasi
Ø  Menjelaskan cirri Negara system pemerintahan demokrasi
Ø  Menjelaskan pengertian demokrasi Pancasila
Ø  Menyebutkan bunyi sila dari Pancasila

Materi Pembelajaran
Demokrasi

Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2.       Metode
Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi,

Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap Kegiatan
Kegiatan Siswa/Guru
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Membuka pertemuan dengan kebaktian singkat
·         Memeriksa kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
·         Mengadakan apersepsi.
10
Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan pengertian demokrasi
·         Siswa mendiskusikan jenis-jenis demokrasi yang berlaku dalam setiap Negara-negara.
·         Guru menjelaskan perbedaan dan persamaan daridemokrasi yang berlaku di setiap Negara.
60
Kegiatan Penutup
·         Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
·         Salah seorang siswa membawakan doa penutup.
10
Pertemuan 2
Tahap Kegiatan
Kegiatan Siswa/Guru
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Membuka pertemuan dengan kebaktian singkat
·         Memeriksa kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
·         Mengadakan apersepsi.
10
Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan cirri Negara system pemerintahan demokrasi
·         Siswa mendiskusikan kelebihan dan kekurangan Negara system pemerintahan demokrasi.
60
Kegiatan Penutup
·         Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
·         Salah seorang siswa membawakan doa penutup.
10
Pertemuan 3
Tahap Kegiatan
Kegiatan Siswa/Guru
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Membuka pertemuan dengan kebaktian singkat
·         Memeriksa kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
·         Mengadakan apersepsi.
10
Kegiatan Inti
·         Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menuliskan latar belakang adanyan demokrasi Pancasila.
·         Siswa melaporkan hasil pekerjaannya kepada guru.
60
Kegiatan Penutup
·         Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
·         Salah seorang siswa membawakan doa penutup.
10
Pertemuan 4
Tahap Kegiatan
Kegiatan Siswa/Guru
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Membuka pertemuan dengan kebaktian singkat
·         Memeriksa kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
·         Mengadakan apersepsi.
10
Kegiatan Inti
·         Guru memeriksa dan memberikan pertanyaan kepada setiap hasil pekerjaan siswa.
·         Guru menjelaskan setiap kekurangan pekerjaan sisa.
·         Satu persatu siswa menyebutkan bunyi Pancasila
60
Kegiatan Penutup
·         Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
·         Salah seorang siswa membawakan doa penutup.
10

Sumber, Bahan dan Alat
1.       Sumber
a.       Alkitab
b.      Buku PAK kelas XII Penerbit Cipta Sarana Mandiri
c.       Buku PAK kelas XII Penerbit Mitra
d.      Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 3 Penerbit Bina Medan Informasi
e.      Suluh Siswa 3 Bertumbuh Dalam Kristus kelas 12 Penerbit BPK Gunung Mulia.
f.        Teladan Kehidupan 3 PAK SMA kelas XII penerbit ANDI
2.       Bahan
Lembar Kerja, Hasil Kerja Siswa, Bahan Presentasi
3.       Alat
Majalah, LCD dan Komputer, TV dan kidung Jemaat

Penilaian
Indicator
Jenis Instrumen
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Menjelaskan system demokrasi yang umum berlaku
Pertanyaan Lisan di kelas
Uraian Terbatas
1.       Sebutkan arti Pancasila!
2.       Sebutkan bunyi Pancasila!



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata pelajaran                                :        Pendidikan Agama Kristen
Satuan Pendidikan                         :        SMK Negeri 1 Pahae Julu
Kelas/Semester                               :        XII/2
Tahun Pelajaran                              :        2010-2011

Standar Kompetensi
Bertanggung jawab sebagai orang Kristen dalam perannya sebagai warga Gereja dalam mewujudkan nilai-nilai demokrasi dan HAM, khususnya dalam tindakan sebagai pembawa kabar dan damai sejahtera.

Kompetensi Dasar
Bersikap kritis terhadap nilai-nilai demokratis dan HAM dalam hidupnya

Indicator
Menjelaskan eksistensi HAM dalam hidup manusia

Nilai Karakter Bangsa
Religious, toleransi, demokratis, semangat kebersamaan, cinta tanah air, bersahabat,/komunikatif, cinta damai, peduli social.

Alokasi Waktu
8 x 40 menit (4 Pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
Ø  Menjelaskan pengertian HAM
Ø  Menuliskan butir-butir HAM yang disepakati oleh dan untuk anggota PBB
Ø  Menjelaskan kenyataan HAM dan demokrasi yang terjadi di Indonesia.
Ø  Menjelaskan pandangan iman Kristen terhadap demokrasi dan HAM.
Ø  Menjelaskan cara menjalankan demokrasi dan HAM

Materi Pembelajaran
Hak Azasi Manusia (HAM)

Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2.       Metode
Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi,

Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap Kegiatan
Kegiatan Siswa/Guru
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Membuka pertemuan dengan kebaktian singkat
·         Memeriksa kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
·         Mengadakan apersepsi.
10
Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan pengertian HAM
·         Siswa mencari kekerasan yang melanggar HAM
·         Guru memeriksa tugas siswa
60
Kegiatan Penutup
·         Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
·         Salah seorang siswa membawakan doa penutup.
10
Pertemuan 2
Tahap Kegiatan
Kegiatan Siswa/Guru
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Membuka pertemuan dengan kebaktian singkat
·         Memeriksa kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
·         Mengadakan apersepsi.
10
Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan kenyataan HAM yang terjadi di Indonesia
·         Siswa menyebutkan butir-butir HAM yang perlu diperhatikan.
·         Guru menuliskan butir-butir HAM yang diakui oleh anggota PBB dan untuk anggota PBB.
60
Kegiatan Penutup
·         Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
·         Salah seorang siswa membawakan doa penutup.
10
Pertemuan 3
Tahap Kegiatan
Kegiatan Siswa/Guru
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Membuka pertemuan dengan kebaktian singkat
·         Memeriksa kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
·         Mengadakan apersepsi.
10
Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan pandangan iman Kristen terhadap demokrasi dan HAM.
·         Guru menjelaskan eksistensi iman Kristen dalam hidup berdemokrasi dan HAM.
60
Kegiatan Penutup
·         Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
·         Salah seorang siswa membawakan doa penutup.
10
Pertemuan 4
Tahap Kegiatan
Kegiatan Siswa/Guru
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Membuka pertemuan dengan kebaktian singkat
·         Memeriksa kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
·         Mengadakan apersepsi.
10
Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan cara menjalankan demokrasi dan HAM
·         Siswa mengemukakan pendapatnya cara-cara menjalankan demokrasi dan HAM sesuai dengan iman Kristen
60
Kegiatan Penutup
·         Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
·         Salah seorang siswa membawakan doa penutup.
10

Sumber, Bahan dan Alat
1.       Sumber
a.       Alkitab
b.      Buku PAK kelas XII Penerbit Cipta Sarana Mandiri
c.       Buku PAK kelas XII Penerbit Mitra
d.      Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 3 Penerbit Bina Medan Informasi
e.      Suluh Siswa 3 Bertumbuh Dalam Kristus kelas 12 Penerbit BPK Gunung Mulia.
f.        Teladan Kehidupan 3 PAK SMA kelas XII penerbit ANDI
2.       Bahan
Lembar Kerja, Hasil Kerja Siswa, Bahan Presentasi
3.       Alat
Majalah, LCD dan Komputer, TV dan kidung Jemaat

Penilaian
Indicator
Jenis Instrumen
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Menjelaskan eksistensi HAM dalam hidup
Tugas Individu
Pemaparan
Sebutkanlah butir-butir HAM



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata pelajaran                                :        Pendidikan Agama Kristen
Satuan Pendidikan                         :        SMK Negeri 1 Pahae Julu
Kelas/Semester                               :        XII/2
Tahun Pelajaran                              :        2010-2011

Standar Kompetensi
Bertanggung jawab sebagai orang Kristen dalam perannya sebagai warga Gereja dalam mewujudkan nilai-nilai demokrasi dan HAM, khususnya dalam tindakan sebagai pembawa kabar dan damai sejahtera.

Kompetensi Dasar
Mewujudkan perannya sebagai pembawa kabar baik dan damai sejahtera secara komunitas dan pribadi

Indicator
Mengidentifikasi cara pemberita dan pembawa damai dalam kehidupan sehari-hari

Nilai Karakter Bangsa
Religious, jujur, disiplin, bersahabat/komnikatif, peduli sosial

Alokasi Waktu
4 x 40 menit (2 Pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
Ø  Menjelaskan pengertian damai dalam segala aspek.
Ø  Menjelaskan prinsip damai yang berlaku.
Ø  Menggambarkan skema hubungan Allah-manusia-sesama-alam.
Ø  Mendiskusikan hal-hal yang harus dilakukan dalam membawa dan mewujudkan damai di muka bumi.
Ø  Menjelaskan peran gereja dalam menciptakan damai.
Ø  Menjelaskan usaha untuk menciptakan damai.
Ø  Menjelaskan 3 alasan berhenti untuk saling membenci

Materi Pembelajaran
Pemberita dan Pembawa Damai

Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2.       Metode
Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi,

Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap Kegiatan
Kegiatan Siswa/Guru
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Membuka pertemuan dengan kebaktian singkat
·         Memeriksa kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
·         Mengadakan apersepsi.
10
Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan pengertian damai dalam segala aspek.
·         Guru menjelaskan prinsip damai yang berlaku
·         Guru menggambarkan skema hubungan Allah-manusia-sesama-alam
60
Kegiatan Penutup
·         Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
·         Salah seorang siswa membawakan doa penutup.
10
Pertemuan 2
Tahap Kegiatan
Kegiatan Siswa/Guru
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Membuka pertemuan dengan kebaktian singkat
·         Memeriksa kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti Ibadah Minggu.
·         Mengadakan apersepsi.
10
Kegiatan Inti
·         Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok.
·         Siswa mendiskusikan hal-hal yang harus dilakukan dalam mewujudkan dan membawa damai di muka bumi.
·         Guru menjelaskan peran gereja dalam menciptakan damai.
·         Guru menjelaskan usaha untuk menciptakan damai.
·         Guru menjelaskan 3 alasan untuk berhenti untuk saling membaca
60
Kegiatan Penutup
·         Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
·         Salah seorang siswa membawakan doa penutup.
10

Sumber, Bahan dan Alat
1.       Sumber
a.       Alkitab
b.      Buku PAK kelas XII Penerbit Cipta Sarana Mandiri
c.       Buku PAK kelas XII Penerbit Mitra
d.      Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 3 Penerbit Bina Medan Informasi
e.      Suluh Siswa 3 Bertumbuh Dalam Kristus kelas 12 Penerbit BPK Gunung Mulia.
f.        Teladan Kehidupan 3 PAK SMA kelas XII penerbit ANDI
2.       Bahan
Lembar Kerja, Hasil Kerja Siswa, Bahan Presentasi
3.       Alat
Majalah, LCD dan Komputer, TV dan kidung Jemaat

Penilaian
Indicator
Jenis Instrumen
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Mengidentifikasi cara pemberita dan pembawa damai dalam kehidupan sehari-hari
Tugas Individu
Sikap
Terlampir 4




Silahkan Download:
Format Word
Format Pdf